Selamat Datang Di ___ Airplane Blog ___ Terima Kasih Atas Kunjungan Anda...
Google
 

Lebaran, Maskapai Siap Tambah Kursi.

JAKARTA, KAMIS - Menghadapi Lebaran 2008 ini, maskapai penerbangan nasional mulai ancang-ancang untuk meningkatkan kapasitas penumpang mereka. Peningkatan kapasitas dilakukan dengan cara menambah frekuensi penerbangan.

Setelah Garuda Indonesia akan menambah sebanyak 43.000 seat, maskapai lain pun tidak mau ketinggalan. Setidaknya Sriwijaya Air bakal menambah sekitar 60.000 kursi mulai dari H-7 hingga H+7 Lebaran. Mandala Airlines menargetkan sebanyak 30.000 kursi tambahan bisa terangkut saat hari raya umat Islam ini.

Direktur Komersial Sriwijaya Air, Gabriella Sonia X Bongoro mengatakan, Sriwijaya akan mengerahkan sebanyak 18 armadanya penuh untuk memenuhi permintaan pelanggan saat mudik nanti. Dalam setiap pekannya akan ada penambahan 36 penerbangan di seluruh rute terutama di rute Sumatera dan Jawa.

Menurut Gabriella, target Sriwijaya tersebut sangat dimungkinkan mengingat armada pesawatnya mulai berdatangan untuk menggantikan pesawat Boeing tipe 737-200 yang kapasitasnya tidak lebih dari 120 penumpang. Sementara armada yang datang adalah Boeing tipe 737-300 dan 737-400 yang kapasitas penumpangnya lebih besar. "Mudah-mudahan bulan ini ada empat pesawat datang. Ini akan sangat membantu terhadap pelayanan para pemudik saat Lebaran nanti," tandasnya.

Kepala Humas Batavia Air, Edi Haryono mengatakan, menghadapi Idul Fitri 1429 Hijriah, pihaknya telah menyiapkan sebanyak 14 ribu hingga 15 ribu kursi tambahan untuk rute-rute penerbangan di seluruh Indonesia.

Sementara maskapai penerbangan Mandala Air tambah rute baru, yakni ke Jambi, Bengkulu, Pontianak dan Pangkal Pinang. Penambahan rute baru ini didasarkan atas tingginya permintaan layanan transportasi udara jelang Lebaran. Demikian disampaikan Chief Executive Officer (CEO) Mandala Warwick Brady.

Layanan baru menggunakan pesawat Airbus A319 dengan kapasitas 144 penumpang ini dibuka mulai tanggal 21 September 2008 mendatang. September mendatang, tiga pesawat Airbus baru akan didatangkan untuk menambah armada Mandala. "Dua di antaranya adalah pesawat Airbus A 319 dan satu pesawat Airbus A 320," kata Warwick. Dengan penambahan rute baru ini, Mandala menargetkan penambahan 2.500 seat atau mencapai 350.000-400.000 selama pekan Lebaran.

>>> Sumber Kompas.com